Adab Bertukar Kartu Nama

Kartu nama bisnis (meishi/名刺) orang Jepang biasanya mempunyai dua sisi yang menampilkan data diri si pemilik. Sisi depan dengan bahasa Jepang, sedangkan di sisi belakangnya dengan alfabet atau bahasa Inggris.

Tahukah Anda bagaimana tata cara bertukar kartu nama bisnis yang berlaku di Jepang?

  1. Pertukaran kartu nama bisnis dilakukan berdiri.
  2. Yang menyerahkan kartu nama lebih dahulu: jika antara tamu dan penerima tamu, maka menurut sopan santun yang lebih dulu adalah si tamu. Atau yang lebih muda, atau lebih rendah jabatannya.
  3. Jika ada seorang yang memperkenalkan, maka yang lebih dulu menyerahkan kartu nama adalah orang yang diperkenalkan duluan.
  4. Menyerahkan kartu nama milik sendiri dengan tangan kanan. Menerima kartu nama orang dengan kedua tangan. Jika kebetulan sedang tidak bisa menerima dengan kedua tangan secara bersamaan, terima dulu dengan tangan kanan, lalu segera susul dengan tangan kiri sehingga terlihat memegangang kartu nama orang tersebut dengan kedua tangan.
  5. Pada saat menyerahkan kartu nama milik sendiri, sebutkan nama perusahaan, bagian tempat Anda bertugas, dan nama Anda dengan jelas.
  6. Saat menyerahkan kartu nama milik sendiri, arahnya harus yang bisa dibaca oleh penerima.
  7. Setelah Anda menghapalkan nama, jabatan, dan nama perusahaan orang tersebut, simpanlah kartu namanya di dalam tempat kartu nama (meishi ire/ 名刺入れ).
  8. Jika Anda tidak yakin cara membaca nama orang itu, silakan langsung bertanya. “Mohon maaf kalau tidak sopan, sudah betulkah saya membaca ini dengan Bapak/Ibu … ? “ “Shitsurei desu ga, ….sama to oyomi shite yoroshii desu ka?” 「 失礼ですが、○○様とお読みしてよろしいですか。」
  9. Jika menerima kartu nama dari beberapa orang sekaligus, boleh membariskan kartu nama mereka di atas meja untuk menghapalkan. Tetapi jangan lama-lama ya. Setelah itu segera simpan kartu nama di dalam tempat kartu nama yang disebut meishi ire / 名刺入れ. Menyimpan kartu nama orang lain langsung di dalam saku itu tidak sopan lho.
  10. Mencatat sesuatu di atas kartu nama orang lain saat orangnya ada di depan kita juga tidak sopan. Jikan ingin mencatat sesuatu, lakukan setelah orang itu sudah pergi.

Sumber:
buku manual sopan santun untuk pegawai baru di suatu perusahaan Jepang

2 responses to “Adab Bertukar Kartu Nama

  1. oh gitua ya mbak aku baru aja tau..
    makasih ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s