Istilah Bahasa Jepang Terkait dengan Sekolah

Ajari @ FlickrHari ini saya iseng-iseng search Twitter dengan kata kunci ‘bahasa Jepang’. Wah, ternyata banyak yang kewalahan dengan yang namanya pe-er bahasa Jepang. Anak-anak SMA ‘kali ya? PR-nya seperti apa ya?

Oleh karena itu… hari ini, kita belajar istilah bahasa Jepang yang terkait dengan sekolah! Halah… penting nggak sih?

  1. Ujian : shiken / 試験
  2. Jadwal (jam pelajaran) : jikanwari / 時間割
  3. Sejarah : rekishi / 歴史
  4. Biologi : seibutsu / 生物
  5. Lingkup pelajaran yang keluar di ujian : shiken han’i / 試験範囲
  6. Menyontek : kannin’gu suru / カンニングする
  7. Ruang kepala sekolah : kouchoushitsu / 校長室
  8. Lembar soal : mondai youshi / 問題用紙
  9. Lembar jawaban : kaitou youshi / 解答用紙 atau touan youshi / 答案用紙
  10. Tes dadakan : nukiuchi tesuto / 抜き打ちテスト
  11. Ujian perbaikan : tsuishi / 追試 ⇒ ikut ujian perbaikan : tsuishi o ukeru / 追試を受ける
  12. Laporan : repo-to / レポート ⇒ menulis laporan : repo-to o kaku / レポートを書く
  13. Soal pilihan ganda : sentaku mondai / 選択問題
  14. Skors : teigaku / 停学
  15. Nilai sempurna : manten / 満点
  16. Hapalan : anki / 暗記
  17. Ruang perpustakaan : toshoshitsu / 図書室
  18. Aula olahraga : tai’ikukan / 体育館
  19. Membolos : saboru / サボる
  20. Sedang ada pelajaran : jugyouchuu / 授業中
  21. Semester~ : ~ gakki / ~学期 ⇒ semester baru : shin’gakki / 新学期 , semester ke-1 : ichi gakki / 1学期
  22. Pekerjaan rumah : shukudai / 宿題
  23. Papan tulis : kokuban / 黒板
  24. Belajar sebelum pelajaran : yoshuu suru / 予習する
  25. Belajar untuk mengulang pelajaran : fukushuu suru / 復習する

Sudah ah, segitu saja…

11 responses to “Istilah Bahasa Jepang Terkait dengan Sekolah

  1. hahaaaa, owalah mbolos tu saboru😀
    cunning-suru tu mencontek? haha, istilah yang lucu tapi bener juga.

    wah trims trims. bisa buat ‘lucu2an’ sama sensei, teman, ataupun teman nihonjin.😀

  2. mbak , anak jepang masih hoby nyontek juga ya kalo ujian.

  3. Andini san kikitain desu kedo,[masa orietasi sekolah] wa nihongo de nanto iimasu ka, doumo onegaishimasu

  4. Andini san O henji hounto ni arigatou gozaimashita..
    Saya kagum bgt anda pinter dan ulet,boleh saya diberi masukan mengenai pengajaran bahasa jepang.saya mengajar bahasa jepang untuk mahasiswa setara DI,tetapi bukan khusus bahasa jepang,sekolah komputer sekertaris tapi matakuliahnya ada bahasa jepangnya.Jurusan sekertaris dan PR.mohon masukannya. doumo

  5. aku panggil ‘kakak’ aja yah ^.^
    aku mau nulis tentang anak indo yang kuliah di Unv Jepang,tapi agak bingung dgn perbincangan remaja sana biasanya berkisar ttg apa aja??
    trus acara jalan2nya remaja sana kemana aja,.
    trima kasih… ^,^

  6. kak selain sma ada lagi ngak misalnya papan tulis,buku,pensil,pulpen,tas,bahasa jepang nya apa.kalau ngak mau aku bikinin tantangan lagi menerjemahkan untuk kakak:-D

  7. ajarin aku bhsa jepang ya kak? aku ingin skli bsa bhsa jepang n sklh di jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s