Aturan Pemendekan Bunyi dalam Bahasa Jepang

Dalam percakapan bahasa Jepang, sering terjadi pemendekan atau perubahan bunyi dari bentuk yang baku.

Supaya pelisanan bahasa Jepang kita terdengar lebih alami, kita perlu ingat beberapa “aturan” pemendekan itu.

1) …te iru → …teru

Contoh : ai shite iruai shiteru (aku cinta padamu)

2) …te oku…toku

Contoh : katte okukattoku (membeli)

3) …te iku…te ku

Contoh : motte ikumotte ku (membawa pergi)

4) …te itta …tetta

Contoh : tsurete ittatsuretetta (mengajak pergi)

5) …te ike … teke

Contoh : motte ikemotteke (bawalah pergi)

6) …te shimau…chau

Contoh : koboshite shimaukoboshicau (menumpahkan)

nonde shimaunonjau (minum semua)

7) …nakereba…nakya

Contoh : shinakereba shinakya (harus melakukan)

8 ) …no desu…n desu

Contoh : Nebou shita no desu.Nebou shitan desu. (Saya bangun kesiangan)

9) dou surebadou su’rya (Bagaimana seharusnya)

Dou sureba ii no? Dou su’rya ii no? (Aku musti gimana nih?)

10) sore wasorya

Sore wa komaru. Sorya komaru. (Kalo gitu sih, aku yang repot)

11) kono aidakonaida

Kono aida atta bakari. Konaida atta bakari. (Sebelum ini aku baru ketemu dia)

12) sumimasen suimasen

Suimasen. (Maaf /Permisi / Terima kasih)

13) wakaranai wakannai

Wakannai. (Nggak tau. / Nggak ngerti.)

Semoga berguna.

2 responses to “Aturan Pemendekan Bunyi dalam Bahasa Jepang

  1. mba makasih yap telah membagi ilmunya ke kita semua….😀

  2. hi, saya Jeany. Mahasiswa Universitas Andalas jurusan sastra Jepang.
    saya sedang mengerjakan TA/ skripsi yang berhubungan dengan pemendekan bunyi, tapi di tempat saya agak susah menemukan buku-buku rujukan yang dapat menunjang penelitian saya. bisa minta tolong berikan judul-judul buku rujukan yang membantu penelitian saya ?
    di mohon bantuannya. terima kasih😀

Tinggalkan Balasan

