Partikel di Akhir Kalimat

Saya pernah ditanyai, apa arti partikel di akhir kalimat percakapan bahasa Jepang seperti “wa”, “wa yo”, “yo ne”, dan sebagainya, dan bagaimana bedanya.

Sebetulnya tidak perlu dihapal karena semakin banyak membaca dan mendengar bahasa Jepang, tanpa diberi tahu pun lama-lama kita akan bisa menangkap perasaan pembicara yang diwakili oleh partikel akhir kalimat tersebut.

1) ne, nee
a. Memanggil.
Nee, kimi. (Hei, kamu!)
Nee, chotto hanashi ga arun da kedo. (Eh, ada yang ingin kubicarakan.)
Ne, ne, Mama kiite! (Mama, Mama, dengerin dong!)

b. Memberikan penekanan secara halus.
Waa, kirei nee. (Wah, cantiknya!)
Tanoshikatta ne. (Menyenangkan ya.)

c. Meminta persetujuan pada lawan bicara.
Enryo wa iranai kara ne. (Jangan malu-malu ya.)
Kore de iin da ne? (Begini sudah betul kan?)

d. Diselipkan di tengah kalimat sebagai pelancar ucapan.
Sore de ne, watashi ne, naichatta no. (Kemudian… saya, menangis.)

2. yo
Penekanan informasi, memberitahukan sesuatu.
Hai, ikimasu yo. (Baiklah, kita mulai ya.)
Wasureru na yo. (Jangan sampai lupa lho!).

3. yo ne
Meminta konfirmasi.
Ashita desu yo ne? (Besok kan acaranya?)

4. wa, wa yo
Digunakan wanita. Fungsinya sama dengan ‘yo‘ (no. 2)
Ano mise, yasui wa yo. (Toko itu, murah lho.)
Watashi ga yaru wa. (Saya yang akan melakukannya.)

5. no, na no
Untuk penekanan.
Sou na no? (Betul begitu?)
Nante kirei na no. (Indah sekali!)
Totemo kurushii no. (Sakit sekali.)

6. ka na?
Mempertanyakan sesuatu, bertanya-tanya pada diri sendiri.
Honto ka na? (Apakah benar ya?)
Moo icchatta ka na? (Jangan-jangan sudah pergi ya?)

7. daro
Cenderung digunakan pria. Untuk meminta persetujuan.
Oishisou daro? (Kelihatan enak, kan?)

Wanita lebih sering menggunakan ‘deshou’.
Oishisou deshou? (Kelihatan enak kan?)

8. tte, datte
a. Artinya: “katanya”.
Korarenain datte. (Katanya, nggak bisa datang.)
Kanojo mo iku tte. (Katanya, dia juga mau pergi).
Kyou mo atsui n datte. (Hari ini juga panas, katanya) Keterangan: dengar dari ramalan cuaca.

b. Penekanan.
Kimi nara dekiru tte. (Kalau kamu pasti bisa deh!)
Nakanaide, mata sugu aeru tte. (Jangan menangis, nanti pasti segera bertemu lagi kok.)

Semoga berguna ya meskipun tentu masih banyak lagi partikel di akhir kalimat yang tidak disebutkan di sini.

8 responses to “Partikel di Akhir Kalimat

  1. Nah, postingan seperti ini yang saya suka. Sebagai orang yang belajar Nihongo dari nonton anime, pelajaran seperti ini langsung nempel. Soalnya sering denger ^_^. Makanya kata2 yang paling saya ingat paling2 : bakayarooo!! Dame da! Damare! Kussooo! Nan dato?! yah… kata-kata yang biasanya diucapkan sambil teriak2 gitu hehe….
    Kalo dipikir-pikir, bahasa Jepang ada mirip-mirip sama bahasa sunda. Misalnya dalam hal sopan santun, ada bahasa akrab (sunda: loma) dan bahasa resmi/sopan. Juga ada partikel2 yang khusus wanita dan pria. Seperti kalo nama kita dipanggil, kalo cewe jawabnya “kaaah….” kalo cowo: “kulaan…” atau disingkat “laaan…” .

    • Ariehime-san, komento o arigatou. Ahaha… kalau kata-kata makian entah kenapa emang cepet hapal sih…
      Bahasa Sunda kereen… Musti tinggal di Bandung dulu apa ya, buat belajar bahasa Sunda? Bagi saya, intonasi bahasa Sunda dan Jepang juga sama-sama seperti ‘menyanyi’.

  2. wah terima kasih..tulisannya sangat menarik. kadang ada partikel juga yang susah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, tapi kita tahu dan paham arti maksud dari kalimatnya. itulah keindahan sebuah bahasa… desu yo ne? ^^
    bu, saya juga senang dengan bahasa asing.. dan sedang belajar bahasa Jepang juga. bolehkah kita saling kunjung wordpress?

    nuseschool.wordpress.com

  3. yatto wakatta,
    kalo di bs indonesiain

  4. Ping-balik: Partikel di Akhir Kalimat dalam bahasa jepang « ardianta Sisgo

  5. mirip boso jowo su wkwkwkwk persis

  6. Yosh sugoi daro kore..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s