Belajar Bahasa Jepang 1

Kamus SakuKarena sudah cukup lama membolos, saat ini saya berharap para pembaca blog ini telah dapat membaca huruf hiragana dan katakan dengan lancar. Kalau belum, yaa… hapalkan deh mulai dari sekarang.

Berita terbaru dari saya, kabarnya Kamus Saku Jepang-Indonesia | Indonesia-Jepang yang saya susun akan segera terbit. Horeeee…! Dalam rangka promosi, saya membuat fanpage kamus tersebut di sini.

Sekalian saja, saya mengadakan pelajaran singkat bahasa Jepang untuk pemula di sana.

Metode saya simpel.

1. Saya akan mengajarkan kosa kata bahasa Jepang baru dan artinya, dalam hiragana, romaji, dan penulisan yang lazim (dengan kanji dan sebagainya). Hapalkan!

2. Dengan kosa kata baru itu, saya akan mengajarkan satu kalimat sederhana bahasa Jepang dan artinya. Saya harap Anda bisa temukan sendiri pola kalimatnya!

3. Saya berikan satu pertanyaan dengan menghilangkan satu bagian saja dari kalimat itu, dan Anda pasti bisa menjawabnya.

4. Dengarkan suara saya membacakan kalimat tadi. Bisakah Anda menangkap perkataan saya? Ketik ulang kalimat tersebut.

Hajimemashou! Mari kita mulai!

Pelajaran Bahasa Jepang Hari Ini

1. Kosa kata:

けさ kesa 今朝 : tadi pagi, pagi ini
あめ ame 雨 : hujan
ふる furu 降る : turun

Kalimat:

Tadi pagi turun hujan.
Kesa ame ga furimashita.
今朝雨が降りました。
けさ あめが ふりました。

Pertanyaan :

Isilah titik-titik di bawah ini!
けさ 雨 … ふりました。
Kesa ame … furimashita.

2. Kosa kata:

わたし watashi 私 : saya
くるま kuruma 車 : mobil
ほしい hoshii 欲しい : ingin

Kalimat:

Saya ingin mobil.
Watashi wa kuruma ga hoshii desu.
私は車がほしいです。

Pertanyaan:

Isilah titik-titik di bawah ini!
わたしは 車 … ほしいです。
Watashi wa kuruma … hoshii desu.

3. Kosa kata:

あした ashita 明日 : besok
ともだち tomodachi 友達 : teman
うち uchi 家 : rumah
くる kuru 来る : datang

Kalimat:

Besok teman datang ke rumah.
Ashita tomodachi ga uchi ni kimasu.
あした 友だちが うちに 来ます。

Pertanyaan:

Isilah titik-titik di bawah ini!
あした 友だち … うちに 来ます。
Ashita tomodachi … uchi ni kimasu.

4. Kosa kata:

りょこう ryokou 旅行 : perjalanan, tamasya
りょこうを する ryokou o suru 旅行をする : bertamasya, bepergian jauh
から kara から : karena
おかね okane お金 : uang
…いる iru 要る : butuh
~が いる … ga iru ~が要る: butuh …

Kalimat:

Karena saya akan bepergian, saya butuh uang.
Ryokou o suru kara, okane ga irimasu.
りょこうをするから、お金がいります。

Pertanyaan:

Isilah titik-titik di bawah ini!
りょこうをするから、お金 … いります。
Ryokou o suru kara, okane … irimasu.

Terakhir, dengarkan suara saya membacakan kalimat-kalimat di atas (masyaa Allah… pe-de abis).
http://twaud.io/q4bL
Ketik ulang kalimat-kalimat tersebut pada komentar di blog ini atau halaman Facebook Kamus Saku Jepang -Indonesia | Indonesia – Jepang ya! Untuk latihan saja… karena jawabannya Anda sudah tahu bukan?

9 responses to “Belajar Bahasa Jepang 1

  1. Ping-balik: 2010 in review | Andini Rizky

  2. Sugoii…sugoii…
    Dakedo bnykin lg kosakatanya terutama yg sering d pakai d dorama2
    yoroshiku onegaishimasu.,
    sankyuu…^_^

  3. Watashi wa indomi ga suki…
    kalu boleh tahu arti indonesia.a apa iya ??

  4. Saya suka bangetz ni bahasa jepang.
    Arighato.

  5. Salam buat pacar saya ajah, yang suka ngajarin saya bahasa jepang, hahaha

  6. makasih banyak pelajarannya ya …

  7. waahh sungguh situs yang bermutu tinggi,sangat menarik,mohon dipertahankan yaa,salam sejahtera!! http://kizunabali.blogspot.com/

  8. 1.Apa bisa tulis pertanyaan disini mba?
    kuru (来る) kenapa bisa jadi kimasu (来ます), kalo dipake di kalimat?
    sedangkan
    iru (要る) cuma jadi irimasu (いります)…
    begitu juga dengan kalimat yang lainnya.

    2. oia apa penulisan kalimat ini benar: “Watashi wa okane ga iru desu”
    saya ngambilnya dari contoh kalimat yang seperti ini nih mba…
    Watashi wa kuruma ga hoshii desu.
    Ryokou o suru kara, okane ga irimasu.

  9. Ping-balik: KAMUS JEPANG | myungwu

Tinggalkan Balasan

